Thursday, January 5, 2012

MATAN


 MATAN
A.    DEFINISI MATAN

Matan adalah bahasa arab yang dalam bahasa berarti : tanah yang tinggi (الأرض من وارتفع صلب ما).[7] Sedang menurut istilah ialah :
ألفاظ الحديث التى تتقوم بها المعاني
“Lafal-lafal hadits yang mengandung makna-makna tertentu”[8]

ما ينتهي إليه السند من الكلام
(suatu kalimat yang menjadi tempat berakhirnya sanad).[9]                      

Adapun definisi matan atau al-matan menurut buku yang disusun oleh Drs. H. Mudasir adalah  matan secara bahasa berarti mairtafa’a min al-ardi (tanah yang meninggi). Adapun secara istilah, memiliki pengertian yang sama.

Ada juga redaksi yang lebih sederhana lagi, yang menyebutkan bahwa matan adalah ujung sanad (gayah as-sanad). Semua pengertian di atas menunjukkkan bahwa yang dimaksud dengan matan ialah materi hadits atau lafal hadits itu sendiri.

Dari semua definisi di atas, maka matan ialah materi atau lafazh hadits itu sendiri, yang oleh penulisnya ditempatkan setelah menyebutkan sanad sebelum perawi atau mudawwin.[10]

Dengan demikian, matan hadits ialah pembicaraan (kalam) atau materi berita yang diover oleh sanad terakhir, baik isi pembicaraan itu sabda Nabi Saw., sahabat ataupun tabi’in, baik isi pembicaraan itu berupa perbuatan Nabi Saw. maupun perbuatan sahabat yang tidak disanggah oleh Nabi Saw.

A.                CONTOH MATAN

 Misalnya perkataan Anas bin Malik ra. :

كنا نصلى مع رسول الله صلى الله عليه و سلم فى شدة الحر فإذا لم يستطع أحدنا أن يمكن جبهته من الأرض بسط وبه فسجد عليه

“ Kami shalat bersama-sama Rasulullah Saw. pada saat udara sangat panas, jika salah seorang dari kami tidak sanggup menekankan dahinya di atas tanah, maka ia bentangkan pakaiannya lalu sujud di atasnya”.[11]

Begitu juga hadits Nabi Saw. tentang hukum bacaan basmalah dalam shalat dengan bentuk redaksi yang bervariasi sesuai dengan redaksi para mukharrij-nya, yaitu:

a)                  Hadits riwayat Imam Muslim, yaitu:

1).
لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الكتاب رواه مسلم
“ Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca surat fatihahnya kitab”. Hadits riwayat Muslim.[12]

2).
            لا صلاة لمن لم يقرأ بأم القرآن
            “... Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca ummil quran (al-fatihah). Hadits riwayat Muslim.[13]

3).
            لا صلاة لمن لم يقترى بأم القرآن
            “... Tidak sah shalat seseorang yang tidak mengikuti bacaan ummil quran (al-fatihah). Hadits riwayat muslim.[14]
               
4).       
                                                                                     من لم يقرأ بأم القرآن فلا صلاة له
            “... siapa saja yang shalat tidak membaca ummil quran (al-fatihah), maka tidaklah ia shalat. Hadits riwayat muslim.[15]
                                               
b)                  Hadits riwayat Imam Abu Dawud, yaitu:

                                                لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الكتاب فصاعدا
            “... Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca surat fatihahnya kitab lalu seterusnya. Hadits riwayat Abu Dawud.[16]

c)                  Hadits riwayat Ibnu Majah, yaitu :

                                                                        لا صلاة لمن لم يقرأ فيها بفاتحة الكتاب      
“... Tidak sah shalat seseorang yang dalam shalatnya tidak membaca fatihahnya kitab. Hadits riwayat ibnu Majah.



[7] Thahhan, Taisir Mushtalahul Hadits, hal: 16 atau al-Suyuti, Tadrib al-Rawiy Syakh Taqrib al-Nawawiy, hal: 26
[8] al-Ajjaj, Ushul Hadist, al-Suyuthi, Ibid.
[9] al-Suyuthi, Tadrib al-Rawiy Syarkh Taqrib al-Nawawy atau al-Jazari, Taujih al-Nadzar Ila Ushul al-‘Ashr, (Damaskus, Maktabah al-Jamilah, 1328 H), hal: 25 atau Ithir, Imam Turmuzdi, Hal:  70 atau al-Qasimi, Qawa’id, hal: 202 atau Thahhan,Taisir Mushtalahul Hadist.

[10] Utang Ranuwijaya, Op-Cit. hal: 95.
[11] Bukhari, Shahih Bukhari, Juz: II, hal: 66

[12] Imam Muslim, Matan Shahih Muslim, Juz I, al-Qahirah, Maktabah Dar al-Hadits, 1997, hal: 306 atau at-Turmudzi, Sunan at-Tirmidzi, Juz: II, (Beirut, Libanon, Maktabah Dar al-Kutub al-Iliyah, 2003), hal: 80 atau dalam: CD Room Maus’ah al-Hadits al-Syarif, 1991-1997, CVR II, Global Islamic Software Company / Syirkah al-Baramij al- Islamiyyah al-Dauliyyah, Shahih Muslim, Hadits No: 595.
[13] Muslim, Shahih Muslim/Hadits No: 597
[14] Room Mausu’ah..., Hadits No: 596
[15] Room Mausu’ah..., Hadits  No: 1214

[16] Abu Dawud, Sunan Abi Dawud, CD Room Mausu’ah, Hadits No: 700

No comments:

Post a Comment

Post a Comment